Inilah Data 7 Presiden Republik Indonesia

Presiden Indonesia adalah kepala negara dan kepala pemerintahan Indonesia yang dipilih oleh raky masyarakat melalui pemilihan umum. Presiden memimpin pemerintahan negara dan memegang kekuasaan eksekutif. Presiden juga merupakan panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Indonesia (TNI) dan memegang tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara.

Selama masa pendudukan Jepang dan Belanda selama Perang Dunia II, beberapa presiden juga dijabat oleh orang-orang yang dipilih oleh pemerintahan penjajah. Namun, kekuasaan presiden saat itu sangat terbatas dan hanya berlaku di wilayah yang dikuasai oleh penjajah.

Berikut daftar presiden Indonesia dan periode kekuasaanya:

  1. Soekarno (1945-1967)
  2. Soeharto (1967-1998)
  3. Bacharuddin Jusuf Habibie (1998-1999)
  4. Abdurrahman Wahid (1999-2001)
  5. Megawati Sukarnoputri (2001-2004)
  6. Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)
  7. Joko Widodo (2014-sekarang)

Setelah lengsernya era kepresidenan Soeharto, setiap presiden hanya dapat dijabat maksimal dua periode atau lima tahun sekali.

Pemilihan presiden di Indonesia dilakukan melalui pemilihan umum yang diadakan setiap lima tahun sekali. Pemilihan presiden dilakukan secara langsung, yang berarti rakyat yang berhak memilih langsung calon presiden yang diusung oleh partai politik atau koalisi partai politik. Namun tidak demikian yang terjadi di masa pemilihan kedua presiden pertama Indonesia.

Soekarno adalah presiden pertama Indonesia yang menjabat dari tahun 1945 sampai 1967. Dia merupakan salah satu tokoh penting dalam proses kemerdekaan Indonesia dan dikenal sebagai Bapak Bangsa Indonesia. Soekarno juga merupakan pendiri dan pemikir dasar Pancasila.

Soeharto adalah presiden kedua Indonesia yang menjabat dari tahun 1967 sampai 1998. Dia adalah pemimpin militer yang menjabat selama lebih dari 30 tahun dan dikenal sebagai pemimpin yang keras. Soeharto memperkenalkan berbagai program pembangunan ekonomi yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang cepat, tetapi juga dikenal dengan aktivitas korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia.

Bacharuddin Jusuf Habibie adalah presiden ketiga Indonesia yang menjabat dari tahun 1998 sampai 1999. Dia adalah wakil presiden dari Soeharto sebelum menjabat sebagai presiden setelah Soeharto mengundurkan diri. Habibie dikenal sebagai tokoh yang pro-teknologi dan memperkenalkan berbagai reformasi ekonomi dan politik.

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah presiden keempat Indonesia yang menjabat dari tahun 1999 sampai 2001. Dia adalah seorang tokoh Muslim yang dikenal sebagai tokoh yang progresif dan mendukung hak asasi manusia. Gus Dur diberhentikan dari jabatannya karena dugaan masalah korupsi dan masalah lainnya.

Megawati Sukarnoputri adalah presiden kelima Indonesia yang menjabat dari tahun 2001 sampai 2004. Dia adalah putri dari Soekarno dan merupakan pemimpin Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P). Megawati dikenal sebagai pemimpin yang stabil dan mendukung pembangunan ekonomi.

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY adalah presiden keenam Indonesia yang menjabat dari tahun 2004 sampai 2014. Dia adalah seorang jenderal yang dikenal sebagai pemimpin yang stabil dan meningkatkan ekonomi dan keamanan Indonesia.

Joko Widodo atau Jokowi adalah presiden ketujuh Indonesia yang menjabat sejak tahun 2014 sampai sekarang. Dia adalah seorang pengusaha dan politisi yang diangkat dari Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P). Jokowi dikenal sebagai pemimpin yang progresif dan fokus pada pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

-----

DISCLAIMER: Baca di sini
Photo from Ayuprint

Komentar

Postingan Populer