3 Template Surat Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Berikut tiga template dari surat pengunduran diri dari pekerjaan. Tidak mudah menulis surat pengunduran diri karena biasanya melibatkan emosi. Keputusan untuk berhenti dari suatu pekerjaan adalah sesuatu yang besar dan perlu pertimbangan sangat matang. Namun, sebaiknya surat pengunduran diri dibuat dengan isi yang netral dan positif, apapun alasan pengunduran diri tersebut.

Mengapa demikian? Karena kejadian pengunduran diri adalah suatu event penting dalam karier seseorang. Jika surat pengunduran diri serta proses berhenti kerja tersebut berjalan tidak mulus, itu akan menjadi "cacat" dalam sejarah karir seseorang. HRD akan memberi catatan kurang baik bagi pekerja yang mundur tersbut. Ini akan jadi penghalang saat mencari pekerjaan baru. Karena kemungkinan perusahaan tujuan yang baru kelak akan melakukan konfirmasi ke perusahaan lama sebelum memutuskan menerima.

Inilah 3 contoh dan template surat pengunduran diri yang netral dan positif.

Contoh #1

[Kota, Tanggal]


[Kepada Nama Atasan]

[Jabatan Atasan]

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Kota, Kode Pos]


Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], saat ini menjabat sebagai [Jabatan Anda] di [Nama Perusahaan]. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berkontribusi dalam perusahaan ini.

Melalui surat ini, saya ingin mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya di [Nama Perusahaan]. Saya telah mempertimbangkan keputusan ini dengan matang dan merasa bahwa saatnya bagi saya untuk mencari peluang baru yang lebih sesuai dengan perkembangan karier dan tujuan pribadi saya.

Saya merasa sangat berterima kasih atas dukungan, bimbingan, dan pengalaman berharga yang telah saya peroleh selama bekerja di [Nama Perusahaan]. Saya percaya bahwa pengalaman yang saya dapatkan di sini akan tetap menjadi modal berharga dalam perjalanan karier saya ke depan.

Saya akan memastikan agar proses transisi berjalan dengan lancar. Saya bersedia bekerja sama dengan tim dan atasan untuk menyelesaikan tugas-tugas terbuka dan memastikan agar tidak ada gangguan dalam operasional perusahaan.

Sekali lagi, saya ingin menyampaikan apresiasi tulus saya kepada seluruh tim di [Nama Perusahaan] dan kepada Anda, atas kesempatan dan dukungan yang diberikan kepada saya.

Terima kasih banyak.

Hormat saya,

[Tanda Tangan (jika surat dicetak)]

[Nama Anda]

-----

Contoh #2

[Kota, Tanggal]


Kepada,

[Nama Atasan]

[Jabatan Atasan]

[Nama Perusahaan]


Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], saat ini mengemban tugas sebagai [Jabatan Anda] di [Nama Perusahaan]. Saya mengucapkan terima kasih atas waktu yang saya habiskan di perusahaan ini dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk tumbuh dan belajar.

Melalui surat ini, dengan penuh pertimbangan, saya ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi saya di perusahaan ini. Keputusan ini bukanlah yang saya ambil dengan ringan, melainkan hasil dari refleksi mendalam mengenai tujuan pribadi dan arah karier yang ingin saya kejar.

Saya merasa sangat berterima kasih atas dukungan yang telah saya terima dari rekan-rekan kerja dan atasan selama masa tugas saya di perusahaan ini. Saya sangat menghargai kesempatan untuk bekerja dalam lingkungan yang positif dan kolaboratif.

Saya berkomitmen untuk membantu dalam proses transisi agar peralihan posisi ini berjalan dengan lancar. Saya siap bekerja sama dengan rekan-rekan tim untuk memastikan agar tidak ada ketidaknyamanan dalam kelancaran operasional.

Sekali lagi, saya ingin menyampaikan penghargaan mendalam kepada seluruh tim di [Nama Perusahaan]. Pengalaman ini akan selalu menjadi aset berharga bagi perkembangan karier saya di masa depan.

Terima kasih atas pengertian dan kesempatan yang diberikan kepada saya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan (jika surat dicetak)]

[Nama Anda]

-----

Contoh #3

[Kota, Tanggal]


Kepada Yth.,

[Nama Atasan]

[Jabatan Atasan]

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Kota, Kode Pos]


Dengan hormat,

Saya, [Nama Anda], ingin mengungkapkan apresiasi saya atas segala kesempatan dan pengalaman yang telah saya dapatkan selama saya bekerja di [Nama Perusahaan] sebagai [Jabatan Anda]. Saya merasa beruntung telah menjadi bagian dari tim ini.

Melalui surat ini, dengan penuh pertimbangan, saya ingin mengajukan pengunduran diri dari posisi saya dalam upaya mencari peluang yang lebih cocok dengan tujuan karier dan aspirasi pribadi saya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan kerja di [Nama Perusahaan] atas kerjasama dan dukungan yang luar biasa selama saya bekerja di sini. Saya telah belajar banyak dari berbagai pengalaman yang saya alami dan melalui kerja sama dalam tim yang inspiratif.

Saya berkomitmen untuk membantu dalam proses transisi dengan cara yang paling mulus mungkin. Saya siap bekerja sama dengan rekan-rekan tim dan atasan untuk memastikan agar tidak ada celah dalam kelancaran operasional setelah saya pergi.

Pengunduran diri ini bukanlah akhir dari apresiasi saya terhadap [Nama Perusahaan]. Saya akan terus mengingat masa-masa berharga yang saya habiskan di sini dan bagaimana hal itu membentuk pertumbuhan karier saya.

Terima kasih banyak atas pengertian dan dukungan Anda selama ini.

Hormat saya,

[Tanda Tangan (jika surat dicetak)]

[Nama Anda]


Komentar

Postingan Populer